Polres Tangsel –

Kapolres Tangsel AKBP Dr. Iman Imanudin,SH, S.Ik didampingi Kasat Lantas AKP Bayu Marfiando melakukan Silaturahmi ke Kantor Kejari Tangsel, Serpong, Rabu (27/1).

Silaturahmi tersebut diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangsel Nur Elina Sari, SH,MH beserta jajaran Kejari Tangsel.

Kapolres bersama Kasat lantas Polres Tangsel saat bersilaturrahmi ke Kejari Tangsel

Dalam kunjungan tersebut dilakukan diskusi seputar permasalahan  Satuan Lalu lintas seperti  pembahasan restorative justice pada kasus kecelakaan Lalu Lintas, sekaligus kordinasi penerapan program Kapolri  terkait penerapan e-tle (tilang elektronik) dan mekanisme penerapan sanksi hukumannya.

Restorative justice dalam kasus kecelakaan lalu lintas menekankan pada adanya penyelesaian bersama antara dua belah pihak baik pelaku  maupun korban yang dimediasi oleh Kepolisian. Penyelesaian dilakukan dengan pendekatan keadilan restoratif didasarkan pada saling menghormati antara korban dengan pelaku agar tidak terjadi penumpukan/perselisihan yang terjadi di kemudian hari.

Sementara itu, terkait dengan rencana penerapan e-tle (tilang elektronik) kordinasi dengan kejaksaan diperlukan sebagai pihak eksekutor penerapan sanksi berupa denda tilang yang akan dibayarkan sesuai dengan peraturan perundangan.Denda tilang atau uang denda pidana lalu lintas dalam tilang elektronik merupakan salah satu sumber penerimaan Negara yang digolongkan ke dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak. Uang hasil denda dari tindak pidana lalu lintas merupakan salah satu Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Kejaksaan. Hal tersebut seagaimana diamanatkan oleh Pasal 1 ayat (1) huruf d PP No. 39 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kejaksaan Republik Indonesia (“PP PNBP Kejaksaan”).