Polres Tangsel Amankan Pelaku Penipuan Modus Menawarkan Menjadi PNS

0
686

Polres Tangsel – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tangerang Selatan berhasil mengungkap kasus penipuan dan atau penggelapan dengan modus operandi menawarkan diri dapat menjadikan sebagai PNS.

Kasus tersebut terungkap setelah Sat Reskrim Polres Tangsel berhasil menangkap AS (37 Tahun) dan SH (67 Tahun) yang merupakan pensiunan PNS dinas pendidikan Kota Tangerang Selatan berdasarkan laporan Dupi Damayanti yang mengaku tertipu hingga Rp. 200.000.000,- (Dua ratus juta rupiah).

Dalam konferensi persnya di Loby Mapolres Tangerang Selatan, Selasa (9/10/2018) Wakapolres Tangsel Kompol Arman S.IK, M.Si yang didampingi oleh Kasat Reskrim Akp A Alexander, SH., S.IK., MM., M.Si. menyampaikan bahwa kejadian tersebut bermula ketika pelapor/korban (Dupi Damayanti) bermaksud ingin mendaftar menjadi PNS di Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Tersangka AS mengaku bisa membantu pelapor/korban untuk diangkat menjadi PNS pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan karena Tersangka AS mengenal Tersangka SH (yang pada saat penyerahan uang menjabat sebagai Pengawas pada Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Tangerang Selatan).

Kemudian pelapor/korban percaya dengan ucapan tersangka AS yang menjanjikan SK (Surat Keputusan) pengangkatan sebagai PNS di Dinas Lingkungan Hidup Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, selanjutnya menyerahkan uang sebesar Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) secara bertahap yaitu pertama secara tunai sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) pada tanggal 20 Januari 2015 dan kedua Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) pada tanggal 05 Februari 2015.

“Pada kenyataannya janji tersangka AS sampai saat ini belum ada realisasinya sehingga pelapor/korban melaporkan kejadian yang menimpanya ke Polres Tangerang Selatan, kepada kedua tersangka kami kenakan pasal 372 dan atau 378 KUHPidana terkait penipuan dan atau penggelapan “kata Kompol Arman dalam konferensi pers tersebut.

Dalam konferensi pers tersebut Kompol Arman, S.IK., M.Si juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk jangan percaya jika ada pihak yang manawarkan bisa menjadikan PNS melalui jalur diluar formal dengan mengharuskan memberikan sejumlah uang.