Polres Tangsel – Paham radikalisme dan berita hoax merupakan suatu hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa

Sebagaimana diketahui radikalisme adalah suatu ideologi, gagasan atau paham dengan cara ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ ekstrim.Salah satu kelompok radikal yang menghancurkan timur tengah adalah ISIS.

Melalui internet kelompok ISIS ini menyebar propaganda persuasif untuk menarik pengikut seperti mengiming-imingi para pengikutnya dengan kesejahteraan ekonomi dan negara yang aman damai serta memodifikasi secara apik bahwa di sana hidup terjamin, aman, dan tentram di bawah syariat Islam.

Namun kondisinya berbeda dengan apa yang dijanjikan oleh ISIS di internet, terjadi berbagai peperangan dan porak-porandanya berbagai wilayah di Irak dan Suriah.

Sedangkan berita hoaks atau hoax menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah berita bohong atau berita tidak bersumber. Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Untuk itu sebagai generasi penerus bangsa kita harus mencegah paham radikal menyebar di Indonesia dan juga berita hoax yang ada di dunia maya (internet) guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kita harus bangga memiliki negara yang besar dengan keanekaragamannya, jadikan keanekaragaman sebagai kekayaan dan pemersatu bangsa.